blog ini berisikan tentang tutorial blog, tutorial photoshop, tips dan trik photoshop, cara mendapatkan bitcoin gatis, cinta dan kasih sayang, belajar web prgramming

Pengertian HTML (Hyper Text Markup Language)

by arbi , at 1/04/2015 01:58:00 AM , has 3 komentar
pengertian html
Dokumen HTML sendiri terbentuk dari beberapa tag yaitu <html>, <head>, dan <body>, tag tersebut dilengkapi dengan tag pasangannya </html>, </head>, </body>, tag penutup diawali dengan garis miring (/). Tag pertama menunjukkan elemen awal suatu tag dan tag pasangannya menunjukkan elemen akhir dari tag.
Jika ingin memberikan judul pada halaman web, maka judul tersebut diketik kedalam tag <title> dan diakhiri dengan </title>. Tag menurut Arief (2011b:23) adalah “kode yang digunakan untuk me-mark-up (memoles) teks ASCII menjadi file HTML”.
Elemen menurut Arief (2011c:24) merupakan “komponen-komponen dasar berupa teks murni, atau bukan teks, atau keduanya. Elemen atau komponen tersebut misal head, body paragraph, list, dll”. Elemen head dapat digunakan sebagai tempat penulisan judul dokumen, informasi mengenai dokumen dan definisi alamat, sedangkan Elemen Body digunakan sebagai tempat untuk menampilkan dokumen.
Menurut Arief (2011c:23) “HTML (HyperText Markup Language) merupakan salah satu format yang digunakan dalam pembuatan dokumen dan aplikasi yang berjalan dihalaman web”.
Menurut Sibero (2011c:19) “Hyper Text Markup Language atau HTML adalah bahasa yang digunakan pada dokumen web sebagai bahasa untuk pertukaran dokumen web”. Dokumen HTML terdiri dari komponen yaitu tag, elemen dan atribut. Tag adalah tanda awal < dan tanda akhir > yang digunakan sebagai pengapit suatu elemen. Elemen adalah nama penanda yang diapit oleh tag yang memiliki fungsi dan tujuan tertentu pada dokumen HTML. Elemen dapat memiliki elemen anak dan juga nilai. Elemen anak adalah suatu elemen yang berada didalam elemen pembuka dan elemen penutup induknya. Nilai yang dimaksud adalah suatu teks atau karakter yang berada diantara elemen pembuka dan elemen penutup. Atribut adalah properti elemen yang digunakan untuk mengkhususkan suatu elemen. Elemen dapat memiliki atribut yang berbeda pada tiap masing-masingnya.
Menurut Astamal (2006:8) HTML (Hyper Text Markup Language) adalah simbol-simbol atau tag-tag yang dituliskan dalam sebuah file yang dimaksudkan untuk menampilkan halaman pada web browser. Tag-tag HTML selalu diawali dengan <x> dan diakhiri dengan </x> dimana x tag HTML seperti b, i, u dan sebagainya. Namun ada juga tag yang tidak diakhiri dengan tanda </x> seperti tag <br>, <input> dan lainnya.
Sebuah halaman website akan diapit oleh tag <html>……</html>. File-file HTML selalu berakhiran dengan ekstensi *.htm atau *.html. Jadi jika anda mengetik sebuah naskah dan menyimpannya dengan ekstensi *.html maka anda membuat file yang berformat HTML.
Pengertian HTML (Hyper Text Markup Language)
About
Pengertian HTML (Hyper Text Markup Language) - written by arbi , published at 1/04/2015 01:58:00 AM, categorized as web programming . And has 3 komentar
3 komentar Add a comment
tolong sertakan sumbernya dong bang admin. terima kasih.
Reply Delete
tolong sertakan sumbernya dong bang admin. terima kasih.
Reply Delete
Bck
Cancel Reply

support

Copyright ©2013 ehnanda by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->